Diskrit vs Kontinu

Dhe997
Apabila dilihat dari segi sifatnya, data bisa dibedakan menjadi dua, yaitu data diskrit dan kontinu. Berikut penjelasan mengenai kedua data tersebut.


Diskrit

Data yang diambil dari proses perhitungan karena data diskrit tidak bisa diukur. Misalnya Anda ingin mengetahui jumlah orang yang hadir dalam sebuah acara, maka Anda dapat melakukannya dengan cara menghitung dari daftar hadir atau menghitung langsung setiap orang yang masuk. Ciri dari data diskrit adalah bisa dihitung dan tidak bisa dipecah. Jadi tidak mungkin kita menghitung jumlah orang dan menghasilkan data 10,5. Kemungkinannya adalah 10 atau 11 orang.

Kontinu

Data yang didapat dari proses pengukuran karena data kontinu tidak bisa dihitung. Misalnya Anda ingin mengetahui suhu tubuh maka Anda akan mengukur dengan termometer bukan menghitungnya. Hasil yang didapat bisa berupa pecahan seperti 34,5 derajat celcius. Pengukuran suhu, berat badan, atau jarak merupakan beberapa contoh dari data kontinu.

Karakteristik Data Diskrit dan Kontinu

Untuk membedakan antara data diskrit dan kontinu dengan mudah, berikut karakteristik masing-masing:
DiskritKontinu
Data dapat dihitungData dapat diukur
Nilai tidak dapat dibagi menjadi pecahan kecilBisa dibagi menjadi pecahan kecil
Data tidak dapat diukurData tidak dapat dihitung
Umumnya digambarkan dalam bar graphUmumnya digambarkan dalam histogram

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.