Apa itu Machine Learning Workflow?

Dhe997


Dalam sebuah project machine learning ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui sebelum project tersebut bisa diimplementasi di tahap produksi.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang dimaksud menurut buku Hands on Machine Learning karya Aurelien Geron:

  1. Exploratory Data Analysis
    Exploratory data analysis atau EDA bertujuan sebagai analisa awal terhadap data dan melihat bagaimana kualitas data.
  2. Data preprocessing and Data CleaningData preprocessing dan cleaning adalah tahap di mana data diolah lebih lanjut sehingga data siap dipakai dalam pengembangan ML
  3. Model selectionDi tahap ini kita mulai memilih model yang akan dipakai serta melakukan optimasi parameter dari model tersebut.
  4. Model EvaluationKita lalu melakukan evaluasi terhadap model dengan melihat performanya terhadap data testing.
  5. Deployment
    Ketika model dievaluasi, model siap untuk dipakai pada tahap produksi
  6. Monitoring
    Model yang telah dipakai dalam tahap produksi masih harus tetap dimonitor untuk menjaga kualitasnya. Pada tahap produksi model bisa saja menemukan data yang tidak dikenali sehingga performa model dapat menurun.

ML and Business Intelligence

Business Intelligence adalah sebuah bidang yang mengumpulkan data, lalu melihat kenapa sesuatu terjadi di masa lalu.

Contohnya di kasus sebuah perusahan produsen coklat. Dari data tahunan yang dikumpulkan, perusahaan tersebut melihat persediaan coklat selalu habis di bulan Februari.

Dari hasil analisis data lampau tersebut diketahui bahwa penjualan coklat meningkat di bulan tersebut karena adanya Hari Valentine. Maka melihat pola di masa lampau tersebut, perusahaan dapat mengambil keputusan di tahun berikutnya untuk meningkatkan produksi coklat agar meraih lebih banyak profit.
Sedikit berbeda dengan machine learning pada ML jenis regresi, kita membuat model dengan data di masa lampau dan kita menggunakan data tersebut untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa BI adalah bidang yang menjelaskan kenapa suatu hal terjadi di masa lampau dan ML adalah bidang yang mencoba memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang.
Berikut adalah perbedaan antara BI dan ML yang dirangkum oleh Booz Allen Hamilton.
2020043017240251a058491f59c5cb97d4fcbe8dd971c3.png

ML in Analytic

Di industri, bidang analisis dan machine learning hampir selalu bekerja berdampingan. Analis memungkinkan melihat lebih dalam suatu masalah lalu menentukan apakah masalah tersebut bisa diselesaikan dengan machine learning atau tidak.
Setelah masalah diidentifikasi, maka peran seorang machine learning developer adalah mengimplementasi, mulai dari mengumpulkan data, memilih model yang sesuai, melakukan deployment, dan memonitor model tersebut

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.