Pengenalan Dasar Tentang Dart Futures

Dhe997

Dart Futures

Sejauh ini kita telah menuliskan kode secara synchronous. Lebih lanjut, pada modul ini kita akan mempelajari kode yang bekerja secara asynchronous. Sebelum membahas asynchronous lebih dalam, kita akan bahas dahulu apa perbedaan synchronous dan asynchronous.

Synchronous vs Asynchronous

Dalam synchronous program, kode program dijalankan secara berurutan dari atas ke bawah. 
Artinya jika kita menuliskan dua baris kode maka baris kode kedua tidak bisa dieksekusi sebelum kode baris pertama selesai dieksekusi. 
Kita bisa bayangkan ketika sedang berada dalam antrian kasir. Kita tidak akan dilayani sebelum semua antrian di depan kita selesai dilayani, begitu pula orang di belakang kita pun harus menunggu gilirannya.
Dalam asynchronous program, jika kita menuliskan dua baris kode, kita dapat membuat baris kode kedua dieksekusi tanpa harus menunggu kode pada baris pertama selesai dieksekusi. 
Dalam dunia nyata bisa kita bayangkan dengan memesan kopi melalui pelayan, di mana sembari menunggu pesanan kita datang, kita dapat melakukan aktivitas lain seperti membuka laptop atau menulis.
202003311050191e1c30b3aff1a622d3fc318ffb96eb9b.jpeg
Program asynchronous memungkinkan suatu operasi bisa berjalan sembari menunggu operasi lainnya selesai. 
Umumnya kita memanfaatkan asynchronous pada operasi yang besar dan membutuhkan waktu lama, seperti mengambil data dari internet atau API, menyimpan data ke database, dan membaca data dari sebuah berkas

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.