4 Tipe Machine Learning dan Jenis nya

Dhe997

Machine Learning terbagi menjadi 4 kategori umum:

Supervised Learning

  • Pada supervised learning, dataset yang digunakan memiliki label. Label adalah tag atau pengenal dari sebuah data. Misalnya sebuah buah memiliki atribut berwarna hijau, berat lebih dari 500 gram, kulitnya keras, berduri, memiliki bau yang menyengat, dan daging buahnya manis. Buah yang memiliki karakteristik seperti yang disebutkan dikenali sebagai durian, maka label dari atribut tersebut adalah durian. Klasifikasi email spam adalah contoh dari supervised learning.
Unsupervised Learning

  • Pada unsupervised learning, dataset yang digunakan tidak memiliki label. Model unsupervised melakukan belajar sendiri untuk melabeli atau mengelompokkan data. Contoh kasus unsupervised adalah dari data 100 pengunjung sebuah website, model akan belajar sendiri untuk mengelompokkan pengunjung. Mungkin berdasarkan waktu kunjungan, lama kunjungan, jumlah klik, dan sebagainya.
Semi Supervised Learning

  • Semi Supervised merupakan gabungan dari supervised learning dan unsupervised learning. Pada model semi supervised, dataset untuk pelatihan sebagian memiliki label dan sebagian tidak. Implementasi dari model semi supervised yang sering kita gunakan misalnya pada Google Photos. Pada Google Photos kita bisa memberi tag untuk setiap orang yang terdapat pada sebuah foto. Alhasil, ketika kita mengunggah foto baru dengan wajah orang yang sudah kita beri tag sebelumnya, Google Photos akan secara otomatis mengenali orang tersebut. Salah satu contoh dari model semi supervised adalah Deep Belief Network (DBN).
Reinforcement Learning
  • Reinforcement Learning adalah model yang belajar menggunakan sistem reward dan penalties. Model belajar agar terus mendapatkan reward dan menghindari penalties. Alpha Go adalah contoh terkenal dari reinforcement learning. Alpha Go adalah sebuah program yang dikembangkan Google DeepMind untuk memainkan permainan Go, sebuah permainan papan yang berasal dari Cina. Alpha Go mempelajari setiap langkah dalam jutaan permainan go untuk terus mendapatkan reward yaitu memenangkan sebuah permainan. Alpha Go menjadi terkenal setelah menjadi program komputer pertama yang berhasil mengalahkan pemain profesional.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.