Bahasa Pemrograman Dart : Class

Dhe997

Class

Salah satu fitur utama dari OOP adalah fitur seperti class
Class merupakan sebuah blueprint untuk membuat objek. Di dalam kelas ini kita mendefinisikan sifat (attribute) dan perilaku (behaviour) dari objek yang akan dibuat. 

Sebagai contoh kelas Animal memiliki atribut berupa nama, berat, dan umur, dll. Kemudian perilakunya adalah makan, tidur, dsb.
Setiap kelas memiliki attribute dan behaviour. Pada Dart kita mendefinisikan attribute dengan variabel, sedangkan behaviour sering direpresentasikan sebagai function.
Animal
+ String name
+ int age
+ double weight
- eat()
- sleep()
- poop()
Untuk mendefinisikan kelas dalam Dart, cukup gunakan keyword class diikuti dengan nama kelas yang akan dibuat.


  1. class Animal {

  2. }



Kemudian kita bisa menambahkan variabel dan fungsi pada kelas tersebut.
  1. class Animal {
  2.   String name;
  3.   int age;
  4.   double weight;
  5.  
  6.   Animal(this.name, this.age, this.weight);
  7.  
  8.   void eat() {
  9.     print('$name is eating.');
  10.     weight = weight + 0.2;
  11.   }
  12.   
  13.   void sleep() {
  14.     print('$name is sleeping.');
  15.   }
  16.  
  17.  
  18.   void poop() {
  19.     print('$name is pooping.');
  20.     weight = weight - 0.1;
  21.   }
  22. }

Kemudian untuk membuat sebuah objek dari suatu class, gunakan sintaks berikut:


  1. var nameOfObject = NameOfClass(property1, property2);





Sebuah objek sama seperti variabel, artinya kita bisa menggunakan var untuk menginisialisasikan sebuah objek. Objek yang disimpan ke dalam variabel ini juga dikenal dengan instance atau instance of a class
Instance ini menyimpan reference atau alamat memori dari objek. Proses membuat variabel instance seperti di atas disebut instansiasi (instantiation). 


  1. var dicodingCat = Animal('Gray', 2, 4.2);



Kita menggunakan nama kelas serta diikuti dengan tanda kurung. Di dalam tanda kurung ini kita bisa memasukkan parameter untuk menginisialisasi nilai di dalam objek. 
Tanda kurung ini merupakan sebuah constructor yang akan kita pelajari pada materi selanjutnya.
Setelah objek terbuat kita bisa menjalankan fungsi atau menampilkan nilai dari property yang ada di dalamnya.


  1. void main() {

  2.   var dicodingCat = Animal('Gray', 2, 4.2);

  3.   dicodingCat.eat();

  4.   dicodingCat.poop();

  5.   print(dicodingCat.weight);

  6. }





Ketika program di atas dijalankan, konsol akan menampilkan hasil sebagai berikut:


  1. Gray is eating.

  2. Gray is pooping.

  3. 4.300000000000001






Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.