Apa Itu JavaScript Dan DOM

Dhe997

Apa itu JavaScript?

JavaScript merupakan bahasa pemrograman client-side sehingga seluruh prosesnya berjalan pada sisi pengguna bukan server. JavaScript diperlukan pada pengembangan website ketika kita membutuhkan suatu interaksi dari pengguna. Sesungguhnya website hanya menampilkan konten yang statis jika hanya menggunakan HTML dan CSS.

Karena diolah pada sisi client, JavaScript sangat bergantung pada pengaturan dan kemampuan browser ketika melakukan sebuah proses (compiling atau rendering pada DOM). Bahkan pengguna dapat sepenuhnya tidak mengizinkan JavaScript berjalan pada browser dengan menonaktifkan dukungan JavaScript pada browser.
Meskipun memiliki nama JavaScript bahasa pemrograman ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman Java. Sebenarnya pada tahun 1995 Netscape melahirkan bahasa pemrograman ini dengan nama “LiveScript”, namun pada saat itu bahasa pemrograman Java sedang populer. Untuk memanfaatkan kepopulerannya, namanya pun diubah menjadi “JavaScript” dan benar bahasa pemrograman ini pun akhirnya memiliki popularitas yang tidak kalah dari Java.
Setelah diadopsi di luar Netscape, JavaScript distandarisasi oleh European Computer Manufacturer’s Association (ECMA) itulah sebabnya terkadang ada yang menyebutnya dengan ECMAScript.
Terdapat beberapa versi dari JavaScript. Pada tahun 2000 - 2010, ECMAScript 3 merupakan versi yang banyak digunakan ketika JavaScript sedang mendominasi. Selama waktu tersebut, ECMAScript 4 sedang dalam proses pengembangan dengan harapan akan memberikan improvisasi yang cukup signifikan, namun ambisi tersebut tidak berjalan mulus sehingga pada tahun 2008 pengembangan ECMAScript 4 ditinggalkan. 
Walaupun begitu, ini bukan akhir dari JavaScript. Pengembangan digantikan dengan ECMAScript 5 dengan mengurangi ambisinya dan hanya melakukan perbaikan pada hal yang tidak jadi kontroversi. Pembaharuan tersebut berhasil dan akhirnya ECMAScript 5 rilis pada tahun 2009.
Lalu pada tahun 2015 ECMAScript 6 rilis dengan membawa perubahan yang cukup besar termasuk ide - ide yang sudah direncanakan untuk versi 4. Mulai dari itu tiap tahun JavaScript melakukan update bersifat minor.

Menuliskan Syntax Javascript pada HTML

Sama seperti styling, untuk menggunakan JavaScript pada website kita bisa menerapkannya melalui atribut HTML, embed script, atau menggunakan file external.

Atribut HTML

Untuk menuliskan JavaScript menggunakan atribut, kita bisa menerapkannya pada atribut event seperti “onclick”, sehingga JavaScript akan dieksekusi ketika elemen tersebut ditekan oleh kursor. Contohnya sebagai berikut:

  1. <button onclick="alert('Anda menekan elemen button!')">Click di sini!</p>


201912061724141da668c8fc6bc1ff9d3ad6d6369bc236.jpeg
Ada banyak sekali atribut event yang dapat digunakan untuk menuliskan script di dalamnya. Kita bisa lihat apa saja atributnya pada tautan berikut: https://www.w3schools.com/tags/ref_eventattributes.asp.

Tentunya atribut tersebut kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. onclick merupakan salah satu atribut yang common atau banyak digunakan karena interaksi tersebut sering pengguna lakukan.

Embedded Script

JavaScript juga dapat dituliskan dengan menanamnya (embedding) pada berkas HTML dengan menggunakan elemen <script>.

  1. <script>

  2.    // JavaScript dituliskan di sini.

  3. </script>


Elemen <script> dapat diletakan di dalam elemen <head> atau <body>. Akan tetapi jika kita menerapkan banyak script pada elemen <head> proses memuat halaman akan menjadi lambat, karena HTML akan membaca kode dari atas ke bawah.

External Script

Metode lainnya yaitu dengan menggunakan berkas external yang berekstensi .js. Di dalam berkas tersebutlah seluruh JavaScript dituliskan. Keuntungan menggunakan metode ini adalah script dapat diterapkan pada berbagai berkas HTML tanpa menuliskan ulang scriptnya (keuntungan yang sama juga ketika kita menggunakan external css).
Untuk menghubungkan external script dengan berkas HTML, kita gunakan elemen <script> lalu tambahkan atribut src dengan nilai alamat berkas .js yang digunakan.

  1. <script src="berkas-javascript.js"></script>


Sama seperti Embedded Script kita bisa tuliskan elemen script tersebut di dalam elemen <header> namun direkomendasikan untuk disimpan di dalam elemen <body> sebelum tag penutup </body>.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.