Unsupervised : Clustering

Dhe997
Klaster adalah sebuah grup yang memiliki kemiripan tertentu. Pengklasteran adalah sebuah metode machine learning unsupervised untuk mengelompokkan objek-objek yang memiliki kemiripan, ke dalam sebuah klaster. Karena termasuk kategori unsupervised, maka dataset yang digunakan model clustering tidak memiliki label.

Contoh pengklasteran adalah ketika kita memiliki data pengunjung blog pribadi kita seperti gambar di bawah. Kemudian kita ingin mengembangkan sebuah model yang bisa mengelompokkan pengunjung yang memiliki kemiripan sama. Tujuannya agar kita bisa menulis konten yang sesuai untuk setiap kelompok.
20200430210157b74b484101ebe946d32ddab9b79bc4f8.jpeg
Sebuah model pengklasteran, akan membandingkan atribut setiap pengunjung lalu membuat sebuah cluster yang diisi oleh pengunjung yang memiliki kemiripan karakteristik/atribut yang tinggi.
20200430210219f51f95ac225f36cb54f7a1e301d655b3.jpeg
Contoh di atas dikenal juga sebagai customer segmentation, salah satu kasus yang populer di industri, di mana bisnis mengelompokkan pelanggan agar bisa memberikan penawaran yang sesuai untuk setiap kelompok. Metode clustering yang paling populer adalah pengklasteran K-Means.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.