Belajar Dasar Visualisasi Data

Dhe997


Pengenalan Data

Pada modul pengenalan data ini kita akan mempelajari dasar-dasar dalam data mulai dari pengertian data, jenis data, hingga perbedaan dari data struktur dengan tidak terstruktur.

Apa itu Data?


Banyak orang berbicara tentang data. Bahkan hampir setiap hari kita pernah mendengar kata data. Sebenarnya apa sih pengertian dari data itu sendiri? Menurut KBBI, data merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Selain itu apabila data dihubungkan dengan ilmu komputer maka memiliki arti, informasi dalam bentuk yang dapat diproses seperti representasi digital dari teks, angka, gambar grafis, atau suara.
Masih bingung dengan apa definisi data? Di sini akan kami gambarkan melalui sebuah contoh sederhana. Perhatikan gambar di bawah ini.
202004072209090e8e79e69ab117ba3093952e3a6dad56.png
Apa yang bisa diceritakan dari gambar di atas? Pasti Anda bilang gambar tersebut adalah bola tenis, bukan? Nah, di sini kita sudah mendapatkan sebuah informasi bahwa gambar di atas adalah bola tenis yang sering kita jumpai pada permainan tenis. Selanjutnya apabila diperhatikan kembali, kita akan melihat bahwa bola tenis tersebut berwarna kuning, walaupun ada yang menyebutnya hijau. Jadi warnanya kuning atau hijau? Tenang dulu, menurut International Tennis Federation (ITF) standar warna bola tenis adalah kuning atau putih. Bola tenis awalnya dibuat berwarna putih, namun Wimbledon tahun 1986 jadi kali pertama pemain menggunakan bola tenis warna kuning. 
Warna kuning pada bola tenis sering disebut “Optical Yellow” dengan jahitan warna putih atau abu-abu terang. Warna bola tenis sendiri sebenarnya tidak pernah hijau, tetapi jika sudah sering digunakan maka warnanya memudar dan menjadi kuning kehijau-hijauan. Nah, dari penjelasan tersebut kita dapat mengasumsikan bahwa warna bola tenis yang ada dalam gambar tersebut adalah kuning. Selain itu apabila dilihat dari segi jumlah, kita bisa mendapat informasi bahwa terdapat 3 buah bola tenis. 
Dari beberapa informasi di atas mulai dari nama objek, warna, jumlah,ukuran, tekstur, hingga kondisi bola itulah yang disebut data dari bola tenis. Jadi sesuatu yang melekat pada objek atau benda bisa saja memiliki data. Contoh lain misalnya diri kita sendiri. Kita juga memiliki data yang melekat dalam diri meliputi nama, tanggal lahir, tinggi badan, berat badan, umur, dan sebagainya.
Nah, dari beberapa contoh sederhana di atas, kita bisa memahami pengertian dari sebuah data. Lalu, tiba-tiba Anda terpikir sebuah pertanyaan, “Apabila data yang kita dapatkan dari sebuah objek itu ada beraneka ragam dan berjumlah banyak, bagaimana ya mengelompokkannya?”. Materi berikutnya akan membahas mengenai jenis-jenis data yang dapat digunakan untuk mengelompokkannya sehingga data pun jadi lebih mudah dibaca dan dipahami. Sudah siap untuk lanjut?

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.