Jenis-Jenis dan Fungsi Data

Dhe997

Setelah kita mengetahui definisi data, mungkin muncul pertanyaan lanjutan, “Apa fungsi dari sebuah data yang telah kita peroleh?”

Fungsi dari Data

Sebelum membahas apa saja jenis-jenis data, kita juga harus mengetahui apa saja fungsinya. Istilah data sendiri kebanyakan pasti merujuk pada sesuatu yang berhubungan dengan komputer atau teknologi. Namun pada dasarnya semua aspek yang ada dalam kehidupan ini berhubungan dengan data. Bagi para peneliti data digunakan sebagai sumber acuan dalam sebuah pengembangan sedangkan dalam dunia komputer, data digunakan dalam proses pengolahan untuk mendapatkan suatu hasil tertentu yang bisa memecahkan masalah yang ada.
Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi data secara umum antara lain sebagai:  
  1. Pedoman dasar dalam menentukan perencanaan sebuah penelitian.
  2. Bahan analisis dan evaluasi dari suatu kegiatan.
  3. Acuan dalam mengembangkan sebuah kegiatan atau penelitian.
  4. Acuan untuk mengambil suatu keputusan.
Setelah kita mengetahui fungsi data, saatnya membahas apa saja jenis-jenis data. Dalam data terdapat dua kategori utama yang harus diketahui yaitu Data Kualitatif dan Data Kuantitatif.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.